[REVIEW] ERHA Ultimate - Pengalaman Maksimal Untuk Semua Permasalahan Kulit

Kalian familiar nggak sih dengan istilah ‘clavus’ ? Awalnya aku nggak ngerti istilah apaan ini sampai akhirnya sekitar satu bulan yang lalu ...

Kalian familiar nggak sih dengan istilah ‘clavus’ ?

Awalnya aku nggak ngerti istilah apaan ini sampai akhirnya sekitar satu bulan yang lalu aku coba konsultasi tentang kondisi kulit di tangan kiri-ku ini di klinik dermatology favoritku yaitu ERHA, tepatnya di Pakuwon Mall Surabaya.


Jadi ceritanya, sekitar tahun 2019 yang lalu kulit tanganku sempat kemasukan serpihan kayu kecil dan aku nggak berusaha untuk keluarin dari kulitku karena aku pikir bakal keluar sendiri. Ternyata nggak dong! Setelah beberapa minggu, bulan, bahkan sampai bertahun-tahun, akhirnya kulitku di area tangan kiri itu jadi makin tebal dan mengeras - lalu jadilah suatu benjolan yang dinamakan ‘clavus’ aka mata ikan.


Clavus bahaya nggak sih?

Saat aku konsultasi dengan dr. Melisa Listiani, beliau dengan sabar menjelaskan kalau sebetulnya clavus nggak berbahaya namun memang membuat nggak nyaman dalam beraktivitas apalagi kalau sampai area tersebut terkena gesekan, pasti sakit (yes, it’s hurt indeed!).


Apakah clavus bisa disembuhkan?

Yes bisa banget! Sebelumnya aku sempat konsultasi dengan dokter kulit di Semarang sebelum aku datang ke ERHA dan dokter tersebut bilang kalau clavus bisa dihilangkan secara instan dengan cara operasi dan aku sendiri merasa nggak yakin kalau harus operasi karena aku kidal, jadi tangan kiri-ku selalu aku pakai untuk beraktivitas. Bayangkan kalau harus operasi dan perlu perawatan lebih lanjut setelahnya? Nggak bisa bayangin sih, jadi aku memutuskan untuk menunda itu sampai akhirnya aku konsultasikan lagi ke dr. Melisa.


Dr. Melisa ternyata memberikan saran yang jauh lebih baik, aman, dan bikin aku langsung “go”! Beliau menyarankan untuk tindakan Laser CO2 yang berfungsi untuk mengikis lapisan kulit mati yang menebal. Nah, penasaran kan gimana step-by-step nya? Yuk lanjut scroll ya!


  ANAESTHESIA

Proses anestesi ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Tujuannya supaya ketika di laser, kulit nggak terasa sakit.





Setelah anestesi, prosesnya lanjut ke tindakan laser CO2. Saat pengerjaan, mataku ditutup dengan kapas tujuannya supaya mataku nggak terganggu dengan laser. Nah ketika area clavus dilaser, perlahan area tersebut jadi kering lalu dr. Melisa pelan-pelan membersihkan area kulit kering yang mengelupas. Tindakan ini diulang sampai kurang lebih 20 menit dan voila! Area benjolan tersebut benar-benar hilang!



 CREAM AFTER TREATMENT


Setelah pengerjaan, area tangan diberi cream ERHA bernama Fusipar, fungsinya untuk mempercepat pengeringan luka, lalu area luka tersebut ditutup dengan plester. Setelah selesai treatment, aku diberi 2 jenis cream : Fusipar & Pro Callus Gel. Krim Fusipar digunakan selama 7 hari pertama setelah laser, sedangkan Pro Callus Gel digunakan untuk mengikis kulit mati dan dipakai setelah selesai menggunakan Fusipar.



Apakah treatment satu kali aja cukup?

Tergantung dari kondisi kulit dan kebutuhan masing-masing sih. Nah, kalo aku pribadi melakukan dua kali kunjungan untuk memastikan kondisi kulitku benar-benar stabil tanpa efek samping apapun. Untuk kunjungan kedua adalah 1 bulan setelah treatment dan saat itu lebih kepada pengecekan lebih lanjut kondisi kulit setelah laser. Dr. Melisa merekomendasikan Pro Callus Gel untuk tetap konsisten digunakan setiap malam, plus beberapa produk tambahan supaya kulitku bisa kembali seperti semula yaitu:

  • ASELO: menghilangkan bekas luka laser yang menghitam bisa segera hilang
  • Skin Barrier Body Lotion: untuk melembabkan area kulit yang kering akibat efek Pro Callus Gel

REVIEW:

Jujur aku super happy karena akhirnya setelah beberapa tahun, permasalahan kulitku akibat clavus bisa sembuh dengan tindakan yang aman, nggak berisiko. Pelayanan di ERHA selalu bikin aku puas juga karena semua staf dan dokter nya sangat ramah dan sesuai protokol kesehatan juga. Suasana di klinik pun sangat bersih dan rapi tertata jadi makin berasa safe setiap kali treatment disini.



Fyi, ERHA ini klinik dermatologi pertama yang punya program untuk memberikan solusi kulit yang tepat sesuai permasalahan kita. Clinical program mereka antara lain:

  • ERHA Ultimate Anti Aging

  • ERHA Ultimate Brightening

  • ERHA Ultimate Acne Care

  • ERHA Ultimate Hair Care

  • ERHA Ultimate Atopy Care

  • ERHA Ultimate Skin Health

  • ERHA Ultimate Make Over


Selain itu, tiap program yang kita pilih juga ada beberapa pilihan rencana, yaitu:

  • Product Plan : konsultasi dokter dengan produk yang diresepkan

  • Basic Plan : konsultasi dokter dengan satu kali tindakan medis dan produk yang diresepkan

  • Advance Plan : konsultasi dokter dengan lebih dari satu tindakan medis dan produk yang diresepkan.


Untuk treatment-ku kali ini, aku pilih ERHA Ultimate Skin Health / Allderma dengan pilihan rencana Basic Plan. Dengan konsep terbaru, 5C (Clear Program, Clear Plan, Clear Skin Goals, Clear Duration, Clear Cost), treatment di ERHA jadi berasa lebih nyaman dan jelas sesuai dengan kebutuhan permasalahan kulitku. Nah, buat kamu yang berencana untuk melakukan perawatan atau konsultasi di ERHA terdekat, kamu bisa booking lewat online lewat link ini.




Rating: 5 dari 5

Harga: tergantung dari tipe treatment yang dipilih

Kode: #ERHAxCHELSHEA untuk tambahan diskon 10% setiap pembelian produk dan treatment



ERHA Official Website : https://erhaultimate.co.id

ERHA Official Instagram : @erha.dermatology

ERHA Official Whatsapp : wa.me/62811212121





Also read: [REVIEW] Treatment IPL Hair Removal Lagi Di ERHA, Sebagus Itu?

You Might Also Like

7 Comment

  1. nothing makes me happier than doing some treatments just for myself, not because I need it or have to do it. This looks like a nice option to me, I'll look for similar here

    ReplyDelete
  2. Thanks for sharing your experience! And love your outfit:)

    ReplyDelete
  3. I didn't know about this skin condition before. Thanks for sharing your experience. I'm glad you had it dealt with.
    xoxo
    Lovely
    www.mynameislovely.com

    ReplyDelete
  4. I was not aware about this skin condition. I am glad you got it removed. :-) Thanks for this post. :-)

    Via | https://glossnglitters.com

    ReplyDelete
  5. Thank you so much for sharing. Regine
    www.rsrue.blogspot.com

    ReplyDelete

FACEBOOK PAGE

Flickr Images