3 Langkah Mudah Sebelum Merantau Di Kota Besar

Dulu nggak pernah kebayang sih untuk hidup sendiri di kota besar, jauh dari orang tua untuk kurun waktu yang lama sampai akhirnya keterusan ...

Dulu nggak pernah kebayang sih untuk hidup sendiri di kota besar, jauh dari orang tua untuk kurun waktu yang lama sampai akhirnya keterusan sampai lebih dari 9 tahun. Gimana nggak, dari kecil sampai SMA kalo sama orang tua lengket banget udah kayak perangko, kemanapun pergi selalu sama orang tua, bahkan keluar hang out sama temen-temen aja jarang banget. Sampai akhirnya waktu lulus SMA, aku memutuskan untuk kuliah di Surabaya karena selain jurusan kuliah yang aku pengin nggak ada di Semarang, aku pengin banget cobain tantangan baru buat hidup sendiri jauh dari orang tua supaya bisa lebih mandiri.

Jujur pertama kali waktu memutuskan untuk merantau ke Surabaya, aku pikir bakal aman-aman aja karena aku sudah cukup familiar dengan area disana. Selain ada saudara yang tinggal di Surabaya, aku juga cukup sering berlibur kesana. Tapi kenyataannya ternyata beda banget antara sekedar berlibur dengan merantau. Banyak banget yang harus dipersiapkan, nggak hanya persiapan fisik aja tapi juga persiapan mental. Karena itu, aku yang biasanya cenderung spontan dalam melakukan apapun, kali ini harus benar-benar bikin perencanaan. Gampang-gampang susah itu pasti, tapi ternyata dengan adanya perencanaan ini, persiapan merantau di kota besar jadi lebih efektif, tertata, dan pastinya bikin makin yakin untuk merantau. Yuk kita bahas satu-satu aja 3 langkah mudah sebelum merantau di kota besar versiku!


1. KENALI DENGAN BAIK KOTA YANG AKAN KAMU TUJU.

Memang akan lebih bagus kalo kamu pernah berkunjung ke kota tempat kamu akan merantau, tapi nggak masalah kok kalo kamu belum pernah kesana sebelumnya. Kamu bisa cek lewat internet, join forum, atau banyak tanya dengan orang-orang yang pernah atau sedang tinggal disana. Lebih bagus lagi kalo kamu bisa berteman dengan mereka. Kamu harus banyak belajar dan mencari tahu mengenai area tempat kamu akan bersekolah atau bekerja, gaya hidup dan budaya orang-orang yang tinggal di kota itu. Pengalamanku pribadi saat mau merantau ke Surabaya, aku banyak tanya ke senior di sekolah yang duluan kuliah atau tinggal di Surabaya, padahal dulu nggak kenal atau hanya sekedar tau aja, tapi karena sesama perantauan malah jadi dekat waktu disana. Positifnya, selain punya gambaran gimana kehidupan disana, kita jadi tambah teman juga.


2. SIAPKAN BUDGET UNTUK BIAYA HIDUP PER BULAN

Setelah punya gambaran gimana gaya hidup di kota tersebut, sekarang saatnya kamu buat estimasi untuk biaya hidup per bulan disana. Pastinya kalo kita sudah memutuskan untuk merantau bukan untuk jangka waktu pendek kan, jadi kita harus benar-benar bijak dalam mengelola keuangan. Dulu aku hanya punya satu tabungan, karena untuk kehidupan sehari-hari masih sepenuhnya bergantung sama orang tua. Nah, sekarang ketika tinggal sendiri pastinya harus urus segala sesuatu sendiri dong, dari biaya tempat tinggal, makan, laundry, transportasi, sampai hal tambahan lainnya. Oleh karena itu, setelah menentukan estimasi budget, aku bagi tabunganku jadi tiga : uang untuk sehari-hari, emergency money atau uang yang dipakai waktu keadaan darurat, dan uang untuk ditabung. Dengan begitu, tiap bulannya aku nggak pernah alami defisit keuangan.


3. RISET TEMPAT TINGGAL YANG SESUAI BUDGET

Ini salah satu bagian terpenting yang harus kamu perhatikan sebelum merantau ke kota besar. Nggak mungkin dong pergi merantau tapi nggak punya tempat tinggal. Nah, setelah mempersiapkan estimasi biaya tiap bulan, saatnya cari tempat tinggal yang sesuai dengan budget kita. Dulu saat mau pindah ke Surabaya, aku harus langsung pergi kesana dan keliling ke area sekitar kampus untuk cari kost, itu pun masih harus ketemu pemilik kost atau pengelola nya dulu baru bisa tau perkiraan biaya tinggal per bulan disana berapa. Masih belum ada aplikasi atau website yang memudahkan kita buat cari tempat tinggal yang disesuaikan berdasarkan budget tanpa harus turun sendiri ke lapangan. Untungnya sekarang ada RedDoorz, jadi pengalaman cari kost yang sesuai budget jadi jauh lebih mudah, tinggal scroll aja lewat gadget.

Fyi, RedDoorz adalah penyedia jasa hotel online dengan lebih dari 1000 properti di seluruh Indonesia dan pastinya harganya terjangkau. Tapi disini nggak cuma hotel aja ya, karena pilihan kost di RedDoorz juga banyak banget. Caranya gampang kok :

1. Di website www.reddoorz.com , masukkan nama kota yang kamu tuju, lalu pilih tanggal check-in dan check-out, juga jumlah kamar yang kamu mau.

Tampilan website RedDoorz

2. Dari pilihan hotel yang keluar, kamu bisa pilih lokasi terdekat yang kamu mau dan atur range harga nya.


3.Setelah pilih salah satu properti yang kira-kira sesuai budget, kamu bisa juga cek review dari orang-orang yang pernah menginap di properti tersebut.

Selain di RedDoorz, buat kamu yang mungkin merasa budgetnya belum cocok, kamu juga bisa cari opsi lain yang lebih terjangkau di InfoKostID. Caranya juga kurang lebih sama kok dengan RedDoorz :

1. Di website http://www.infokost.id , masukkan area yang kamu tuju, lalu pilih kecamatan jadi memudahkan kamu untuk cari tempat tinggal yang dekat dengan lokasi kerja atau sekolah.

Tampilan website InfoKost.Id


2. Dari pilihan properti yang keluar, kamu bisa pilih tipe nya dari kost, apartemen, ataupun villa.

3. Pada properti yang kamu pilih, kamu bisa cek fasilitas dan info kamar yang tersedia. 

Aku rasa dengan adanya penyedia jasa online seperti ini, pastinya memudahkan banget buat kamu yang mau merantau karena semakin ada gambaran jelas tentang tempat yang akan kamu tinggali dan pastinya dapat disesuaikan dengan budget. Selain itu, mereka juga sudah menyesuaikan dengan standar protokol keamanan dan kebersihan di masa pandemi seperti ini. Oh ya, baik RedDoorz maupun InfoKostID keduanya memiliki mobile app yang bisa kamu download secara gratis lewat handphone kamu loh jadi kamu bisa dengan mudah mengakses dimanapun!

Nah, 3 langkah ini cukup mudah kan buat bekal kamu yang akan merantau di kota besar? Selain tiga hal yang sudah aku bahas diatas, pastikan juga untuk siapkan mental ya. Karena ke depannya kamu akan melakukan apapun sendiri di kota lain, pasti akan ada banyak tekanan dan tanggung jawab. Ini semua proses untuk kedewasaan juga sih, jadi ketika kamu sudah yakin 100% untuk merantau, jangan sampai menyerah di tengah jalan ya. 

Good luck!

You Might Also Like

0 Comment

FACEBOOK PAGE

Flickr Images