Tips Merawat Rambut Agar Awet Muda

Note : For international readers, kindly translate this article. Aku baru sadar akhir-akhir ini kalau ternyata nggak hanya kulit aja yang bi...

Note : For international readers, kindly translate this article.

Aku baru sadar akhir-akhir ini kalau ternyata nggak hanya kulit aja yang bisa mengalami penuaan tapi ternyata rambut pun juga sama. Sebelumnya aku nggak pernah sadar tentang hal ini sampai aku merasa rambutku sekarang cenderung lebih cepat kering dan rontok, kalau sering keramas rontok, tapi kalo jarang keramas juga rontoknya makin banyak! Selain itu, kalau sering pakai catok rambutku jadi makin kering, tapi kalo jarang pakai catok, rambutku juga kelihatan kusut. Ada yang bisa relate?


Setelah aku cari tahu, ternyata ini nih kebiasaan yang bikin rambut kita mengalami penuaan (selain faktor usia ya):

  1. Cuci rambut setiap hari - terlalu sering keramas bisa bikin rambut makin cepat kering.

  2. Sering terkena panas - baik terkena sinar matahari maupun sering mencatok rambut bisa menyebabkan rambut cepat kusam dan kering.

  3. Sering menggosok rambut setelah keramas - bisa menyebabkan lapisan kutikula rambut terbuka dan teksturnya menjadi kasar.


Susah juga ya? Karena selama kita tinggal di Indonesia pasti sulit untuk bisa menghindari terik sinar matahari dan kalau kamu memiliki profesi yang mewajibkan rambut kamu selalu terlihat rapi, pasti nggak bisa lepas juga dengan yang namanya catok rambut. 


Terus solusinya apa dong?

Mempertahankan produksi minyak di kulit kepala. Kenapa begitu? Karena kondisi penuaan rambut adalah kondisi dimana produksi minyak di kulit kepala berkurang dna folikel rambut yang lebih kecil, jadi ada kemungkinan rambut yang tumbuh jadi lebih tipis.


Nah, sebagai pemilik tipe rambut yang gampang rontok dan gampang kering karena terlalu sering di-styling, aku mau share beberapa tips mudah caraku merawat rambut dari pendek sampai panjang dan tetap awet muda!

TIPS 1 : PILIH SISIR RAMBUT YANG TEPAT

Jujur aku jarang banget sisir rambut, apalagi setelah keramas karena cenderung akan rontok lebih banyak. Tapi tentunya aku nggak bisa dong nggak pernah pakai sisir rambut. Oleh karena itu, aku pilih sisir rambut yang bahannya lembut dan menghindari bahan plastik karena cenderung akan bikin rambut rontok lebih banyak.

TIPS 2 : RAJIN MINUM KACANG HIJAU

Saat rambutku panjang, aku sering banget minum kacang hijau untuk mempertahankan rambut nggak gampang rontok. Kacang hijau mengandung zinc dan memiliki manfaat untuk mengatasi kerontokan rambut dan merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu kacang hijau bagus banget buat kesehatan kulit loh! Tapi ingat ya, jangan terlalu sering minumnya, karena semua yang berlebihan kan nggak baik.

TIPS 3 : CUCI RAMBUT 2-3 KALI SEMINGGU

Meskipun awalnya sulit apalagi aku rutin olahraga, tapi aku selalu usahakan untuk cuci rambut 2-3 kali seminggu supaya produksi minyak rambut tetap normal. Sekarang pun aku juga lebih pilih-pilih dalam hal shampo atau kondisioner, kalau bisa pilih yang bebas sulfat ya supaya kulit kepala nggak terlalu kering.

MAIN TIPS : RUTIN MENGGUNAKAN VITAMIN RAMBUT

Bagian terakhir ini nih yang seringkali di-skip oleh banyak orang karena selalu menganggap kalo pakai vitamin/minyak rambut nanti bikin rambut makin lepek dan berminyak. Yeah, I used to think about that too, but that’s a myth! Seperti yang sudah aku jelaskan di awal, rambut kita butuh nutrisi supaya bisa tetap awet muda, dalam arti nggak mudah kusam dan kering, plus mengurangi kerontokan rambut.

Untuk vitamin rambut, aku suka banget pakai Ellips Smooth and Shiny, terutama setelah keramas. Apa sih bedanya Ellips dengan vitamin rambut lain? Let’s get to know more about it!








Deskripsi:

Ellips Hair Vitamin diperkaya Moroccan Oil, Aloe Vera Oil, Vitamin A, C, E, & Pro Vit. B5 yang menutrisi, melembutkan, dan menjaga kelembaban rambut sehingga rambut mudah diatur dan tampak lebih sehat dan bercahaya. Selain itu, antioksidan pada Ellips dapat mencegah penuaan rambut dan mengurangi rambut rontok. Ellips juga diperkaya UV & heat protection untuk melindungi rambut dari panas matahari dan panas alat styling.


Cara penggunaan:

Buka dan tuangkan isi kapsul ke tangan. Gunakan setelah keramas, saat rambut sudah setengah kering atau sebelum menggunakan alat penata rambut, usapkan merata pada batang rambut. Jangan gunakan di kulit kepala dan jangan dibilas.


Tekstur:

Cairan gel dengan wangi yang lembut.


Review:

Yang aku suka dari vitamin rambut ini adalah wanginya yang lembut dan nggak bikin rambut lengket atau makin berminyak. Dalam hitungan detik, rambut langsung terasa lembut dan mudah diatur. Karena rambutku panjang, aku perlu satu kapsul full untuk diaplikasikan ke seluruh rambut. Selain itu, wangi dari vitamin rambut ini awet sampai seharian, bahkan kadang sampai keesokan harinya kalo aku nggak banyak aktivitas diluar!



Seperti yang kamu lihat di atas, tekstur rambutku terlihat lembut dan nggak ada cabang sama sekali kan? Bahkan rambutku jarang banget patah. Selama setahun terakhir ini aku nggak pernah skip pakai vitamin rambut setiap habis keramas dan lihat deh, rambutku sekarang yang super panjang pun terlihat sehat, bahkan ketika di styling sekalipun!


Nah, sekarang coba cek rambut kamu deh. Sudah mengalami penuaan rambut belum nih?



Rating : 4.5 dari 5

Harga : sekitar 14,000 ($0.90) / sachet

Ellips Official Instagram : @ellips_haircare

Ellips Official Website : https://ellipshaircare.id 




Also read : [REVIEW] Lovana Brightening Deodorant Serum - Innovation to Elevate Confidence

You Might Also Like

0 Comment

FACEBOOK PAGE

Flickr Images