[EVENT] SOYJOY Factory Visit

Kembali lagi dengan blog post berbahasa Indonesia, kali ini adalah tentang kunjungan pertamaku ke pabrik SOYJOY yang berlokasi d...




Kembali lagi dengan blog post berbahasa Indonesia, kali ini adalah tentang kunjungan pertamaku ke pabrik SOYJOY yang berlokasi di Kejayan, Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia. Beberapa dari kalian mungkin sudah tahu bahwa SOYJOY dibawah naungan perusahaan yang sama dengan Pocari Sweat, yaitu PT. Amerta Indah Otsuka. Tepat pada tanggal 25 September 2018 yang lalu, mereka meresmikan pabrik baru SOYJOY dan mengundang beberapa blogger dan media untuk mengunjungi pabrik terbaru mereka secara perdana. Mau tahu keseruan kami saat disana ? Yuk ikutin lebih lanjut !




Bersama rekan blogger dan media



Aan, Marketing Executive SOYJOY





SOYJOY's Happi 




Tarian tradisional Jepang, Awa Odori 




Kami berkumpul di Hotel Verwood Surabaya lalu pada pukul 9.30 bus kami pun berangkat menuju pabrik PT. Amerta Indah Otsuka yang berlokasi di Kejayan, Pasuruan. Perjalanan menempuh kurang lebih 2 jam dari Surabaya sehingga sekitar pukul 12 siang kami tiba disana. Sebelum memasuki area pabrik dan mengikuti sepanjang acara disana, kami diberi arahan oleh Aan, selaku Marketing Executive SOYJOY mengenai rundown acara dan beliau pula yang akan mendampingi kami sepanjang acara berlangsung. Sesampai kami disana, kami disambut hangat oleh tim dari SOYJOY di depan pintu masuk dan selagi pihak SOYJOY membagikan Happi ( semacam cardigan tradisional Jepang dengan motif print dan berbahan katun ) yang akan kami pakai sepanjang acara kami disana, kami dipersilahkan untuk menikmati teh dan kopi beserta berbagai varian SOYJOY yang telah disediakan oleh mereka.
Setelah selesai mengenakan Happi beserta pin bertuliskan nama masing-masing dari kami, kami pun menuju ke acara pertama yaitu makan bersama dengan seluruh karyawan dan petinggi SOYJOY. Disana kami disuguhkan berbagai macam makanan prasmanan yang lezat, namun yang paling menarik perhatian adalah pertunjukkan tari tradisional Jepang yang berasal dari daerah Tokushima yaitu Awa Odori – yang ditarikan langsung oleh karyawan-karyawan SOYJOY. Jujur ini pertama kalinya aku menonton tarian Awa Odori tapi aku rasa mereka terlihat sangat profesional !






 Game Interaktif di Pabrik SOYJOY


 Ruang Teater SOYJOY


Presiden Direktur PT. Amerta Indah Otsuka, Mr. Yoshihiro Bando 

Prof. Dr. Made Astawan, ahli kedelai IPB 

 Evy Christina, Product Marketing Manager SOYJOY

 Produk terbaru SOYJOY Crispy






Acara kedua dilanjutkan dengan Factory Tour, dimana kami diajak untuk berkeliling dan merasakan fasilitas-fasilitas yang terdapat pada pabrik terbaru SOYJOY. Futuristik dan colorful mungkin adalah dua kata yang cocok untuk mendeskripsikan bangunan pabrik SOYJOY ini. Berbeda dengan pabrik pada umumnya, pabrik SOYJOY ini menyuguhkan tampilan yang sangat artistik dan fresh dengan adanya dinding berwarna-warni yang sangat instagramable, game interaktif, photo corner yang hasilnya bisa di-scan langsung menggunakan QR Code, juga ruang teater yang memiliki konsep seperti kabin pesawat.


Di dalam ruang teater ini, kami berkumpul untuk dijelaskan lebih lanjut mengenai PT. Amerta Indah Otsuka dan SOYJOY. Pertama-tama, Mr. Yoshihiro Bando selaku Presiden Direktur PT. Amerta Indah Otsuka menyambut kami dan menjelaskan kurang lebih mengenai PT. Amerta Indah Otsuka yang merupakan afiliasi dari Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd., Jepang yang telah memiliki dua pabrik berlokasi di Sukabumi dan Pasuruan; dengan 4 produk utama yaitu Pocari Sweat, SOYJOY, Ion Water, dan Oronamin C. Pembahasan kemudian dilanjutkan oleh Prof. Dr. Made Astawan selaku ahli kedelai dari IPB. Beliau menjelaskan lebih lanjut mengenai pentingnya kedelai untuk tubuh manusia terutama kandungan yang terdapat di dalamnya, yaitu : protein, vitamin, mineral, isoflavon, asam lemak tak jenuh, prebiotik dan serat pangan – yang kesemuanya itu terdapat dalam SOYJOY. Selain memiliki serat tinggi, SOYJOY juga memiliki nilai Glikemik Indeks (GI) yang rendah sehingga mampu menahan rasa lapar lebih lama. Setelah penjelasan yang cukup detail mengenai kebaikan kedelai oleh Prof. Dr. Made, Evy Christina sebagai Product Marketing Manager SOYJOY melanjutkan mengenai detail produk SOYJOY. Hadir dengan berbagai varian : Almond Chocolate, Raisin Almond, Banana, Strawberry, dan produk terbaru Crispy Vanilla, SOYJOY dipercaya sebagai snack sehat dengan bahan baku kedelai yang dibuat tanpa pemanis buatan dan pengawet. SOYJOY Crispy Vanilla yang merupakan varian terbaru dari SOYJOY ini menjadi highlight topic dari pembahasan ini karena produk tersebut diproduksi berdasarkan permintaan masyarakat Indonesia yang cenderung menyukai makanan atau snack yang renyah sehingga SOYJOY Crispy ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mengkonsumsi snack renyah namun tetap sehat.


Setelah sesi yang cukup panjang namun sangat mengedukasi, kami pun diajak untuk menonton video interaktif mengenai proses pembuatan SOYJOY yang terbukti sangat higienis. Memiliki konsep openness,  pabrik SOYJOY ini terbuka untuk masyarakat apabila ingin melihat langsung proses produksi SOYJOY. Proses pembuatan dimulai dari Mixing and Flavouring ( pencampuran bahan dan pemberian rasa ) – Baking ( pemanggangan ) – Cooling ( pendinginan ) – Pillow Sealing ( pembungkusan dengan kemasan silver ) – Packaging ( pengepakkan ). Selain menonton video pembuatannya, kami juga diajak untuk melihat secara langsung tempat pembuatan SOYJOY dan bisa mencicipi secara langsung SOYJOY yang masih hangat yang baru saja keluar dari panggangan, namun sayangnya saat itu proses produksi sudah selesai. Oleh karena itu, kami pun ditunjukkan sambil dijelaskan mengenai proses pembuatan SOYJOY beserta mesin-mesin yang digunakan saat produksi. Setelah itu, kami diberi kesempatan untuk mengambil foto di spot-spot yang instagramable sebelum kembali ke Surabaya. Kami pun juga berkesempatan untuk berfoto bersama Presiden Direktur PT. Amerta Indah Otsuka, Mr. Yoshihiro Bando di photo corner , sungguh suatu kehormatan! 


Isi goodie bag SOYJOY

Sekitar pukul 5 sore, acara di pabrik terbaru SOYJOY resmi berakhir dan masing-masing kami diberi goodie bag berisi satu set SOYJOY semua varian, satu pak Oronamin C, dan payung lipat - sebelum kami memasuki bus untuk kembali ke Surabaya. Benar-benar pengalaman yang tak terlupakan yang mengubah mindset - ku mengenai pabrik yang biasanya terkesan membosankan, namun ternyata pabrik SOYJOY ini sangatlah keren dan seru ! Jadi, untuk kalian yang merasa tertarik juga untuk mengunjungi pabrik SOYJOY yang terbuka untuk umum ini, caranya gampang banget. Cukup kunjungi website www.aio.co.id dan book jadwal kunjungan kalian ( selama hari kerja dari hari Senin – Jumat ). Nah, sekarang kalian menemukan tempat baru lagi untuk berwisata di area sekitar Surabaya, kan ? Karena selain wisata, kalian bisa dapat banyak pengetahuan di pabrik SOYJOY. Dimana lagi kita bisa secara langsung mengunjungi pabrik modern di sekitar Jawa Timur yang menggunakan mesin-mesin berteknologi tinggi, dengan produk-produk yang sangat berkualitas tinggi juga ?




SOYJOY Official Website : www.soyjoy.id
SOYJOY Official Instagram : @soyjoyid

You Might Also Like

4 Comment

  1. Such a great event! Wish I could join it too..because I'm a big fan of SoyJoy hihi

    Love,
    milkamelia.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. aww...hijaunya bagus yak. event nya kayakny seru chel. Suka sama outfitnya chel :))

    ReplyDelete

FACEBOOK PAGE

Flickr Images