Pengalaman Pertama IPL Hair Removal di ERHA

Note : For international readers, kindly translate this article into Bahasa Indonesia. Rambut yang cepat tumbuh itu memang idaman ...


Note : For international readers, kindly translate this article into Bahasa Indonesia.

Rambut yang cepat tumbuh itu memang idaman setiap wanita, namun kalau tumbuhnya di area-area tertentu yang nggak diinginkan seperti di area ketiak, tangan, dan kaki, apalagi kalau jumlahnya berlebihan, pastinya mengganggu banget. Meskipun aku nggak punya banyak rambut yang tumbuh di area tangan dan kaki, tapi rambut di ketiak itu cepat sekali tumbuhnya sampai aku harus cukur rambut ketiak 2 hari sekali. Sebetulnya yang jadi masalah bukan karena rambut yang terlalu cepat tumbuh, namun setiap rambut yang tumbuh itu tebal dan agak kasar sehingga kalo nggak dicukur pasti akan terasa gatal dan nggak nyaman banget. Pernah sih terpikir untuk treatment laser hair removal aja supaya lama-lama rambut ketiaknya hilang secara permanen, namun masih belum bisa memantapkan hati karena treatment ini cukup beresiko.

Nah, beberapa waktu yang lalu aku iseng cek di website salah satu klinik dermatologi terbesar di Indonesia yaitu erha.co.id dan ternyata ERHA memiliki treatment terbaru yaitu ERHAIR Removeasy Hair Removal by IPL (Intense Pulsed Light). Awalnya aku pikir treatment ini sama dengan laser hair removal tapi ternyata aku salah besar ! Setelah baca deskripsi dan prosedurnya, akhirnya aku yakin buat cobain treatment ini hari Sabtu, 19 Oktober 2019 kemarin. Penasaran nggak sih gimana proses treatment nya dan apa bedanya dengan laser ? Yuk scroll terus sampai akhir ya !

ERHA Apothecary Pakuwon Mall Surabaya

PRE STEP 1 : REGISTRASI
Aku book appointment via Whatsapp oleh Mbak Rina dan prosesnya gampang banget, bahkan aku sempat ganti jam treatment dan bisa diaturkan dengan mudah. Nah, aku ambil treatment Removeasy Hair Removal by IPL ini di ERHA Apothecary Pakuwon Mall Surabaya karena paling dekat dengan rumahku. Sampai disana, aku harus registrasi dulu karena aku customer baru di ERHA, prosesnya nggak lama kok, hanya perlu menunjukkan KTP aja untuk dimasukkan datanya lalu setelah itu namaku dipanggil untuk konsultasi dengan dokter sebelum mulai treatment

Tips : Book appointment waktu pagi hari supaya nggak perlu antri lama, karena di ERHA biasanya rame banget, apalagi saat weekend.



PRE STEP 2 : KONSULTASI DOKTER
Sebelum mulai treatment, aku melakukan konsultasi dulu dengan dokter yang handle terapi-ku, yaitu dr. Merin. Beliau menjelaskan kalau terapi yang menggunakan teknologi IPL ( Intense Pulsed Light ) ini menghasilkan cahaya yang akan diubah menjadi energi panas ketika mengenai folikel rambut dan akan membuat rambut rontok juga menghambat laju pertumbuhannya. Perbedaan nyata antara terapi IPL dengan laser adalah selain tanpa resiko / efek samping, terapi ini juga dapat mencerahkan kulit dan rambut yang kemudian tumbuh lebih halus dibandingkan sebelumnya.

Step by Step IPL Treatment

STEP 1 : CUKUR MANUAL
Setelah selesai berkonsultasi, aku diarahkan oleh perawat yang bertugas yaitu Mbak Dini untuk masuk ke 'ruang tindakan' dan mengganti pakaianku dengan dress sekali pakai yang disediakan oleh ERHA. Pertama-tama, ketiak dibersihkan menggunakan alat cukur manual secara perlahan dengan arah berlawanan dengan arah tumbuh rambut. Sebelumnya aku sengaja untuk nggak mencukur rambut ketiak dulu selama seminggu supaya semakin terlihat hasilnya seperti apa.

STEP 2 : APLIKASI COOLING GEL
Step selanjutnya adalah pengaplikasian cooling gel yang fungsinya untuk melapisi dan melindungi kulit dari rasa panas yang mungkin akan ditimbulkan dari laser. Pengaplikasiannya pun cukup tebal menurutku dan langsung terasa dingin dan menenangkan. 

Alat IPL

STEP 3 : PENYINARAN DENGAN IPL
Sebelum mulai step ini, Mbak Dini menutup mataku dengan kapas dan penutup mata dengan tujuan supaya sinar dari laser tidak menyilaukan mataku. Nah, lanjut pada step ketiga, dr. Merin langsung melakukan tindakan dengan menggunakan alat IPL, menyinari pori-pori tempat tumbuhnya rambut di ketiak sebanyak kurang lebih 20 kali per ketiak. Apakah sakit ? Jawabannya nggak sama sekali. Yang aku rasakan hanya rasa hangat 1 detik saja, tapi sama sekali nggak mengganggu.

STEP 4 : APLIKASI CREAM ANTI IRITASI
Step terakhir adalah pembersihan gel lalu ketiak diolesi dengan cream yang berfungsi sebagai anti iritasi.


Karena treatment ini dilakukan di area ketiak maka durasinya terbilang cukup cepat, hanya memakan waktu sekitar satu jam saja untuk keseluruhan treatment. Menurut info dari dr. Merin, lama waktu treatment ini memang tergantung dari areanya, dan memang yang paling cepat adalah di ketiak, paling lama di kaki karena jumlah rambut lebih banyak. Untuk hasil yang lebih maksimal sekalipun, disarankan untuk mengulangi treatment secara rutin setiap 4 minggu sekali dan apabila sebelumnya melakukan waxing, harus menunggu sekitar 7 hari sebelum melakukan treatment IPL ini.

REVIEW :
Setelah treatment Removeasy Hair Removal by IPL ini, aku bisa langsung merasakan kalau kulit ketiak jadi semakin cerah dan terasa lebih lembut. Selain itu, beberapa hari setelahnya, rambut baru yang tumbuh nggak setebal dan nggak sekasar sebelumnya. Rambut yang biasanya hari kedua sudah tumbuh, kali ini pada hari ketiga baru mulai tumbuh sedikit.


Selain Removeasy Hair Removal by IPL, ternyata ERHA juga punya treatment Ultimate Radiance yang dapat dicoba di ERHA Clinic terdekat. Treatment ini berfungsi mencerahkan wajah dengan perpaduan teknologi Diamond Peel Microdermabrassion dan IPL. Diamond Peel Microdermabrassion bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati. Microdermabrassion dipadukan dengan IPL yang disinari pada kulit, sehingga kulit terlihat lebih lembut, cerah, dan glowing.

Overall, aku puas dengan treatment IPL pertama-ku di ERHA, selain langsung terlihat hasilnya, aku suka banget dengan pelayanannya yang sangat baik dan ruangan treatment yang sangat rapi dan higienis. Jadi, buat kalian yang mau cobain treatment ini, terutama yang memiliki masalah kulit ataupun rambut yang berat dan tidak bisa diatasi dengan produk OTC atau treatment biasa, bisa berkonsultasi dulu dengan dokter untuk mendapatkan solusi perawatan terbaik ya.

Dengan dr. Merin


Rate : 4.5 out of 5
Price :
- Underarms ( ketiak kanan, kiri ) : IDR 399.000 / treatment
- Arms ( lengan bawah ) : IDR 699.000 / treatment
- Legs ( kaki bawah ) : IDR 999.000 / treatment


ERHA Official Website : www.erha.co.id
ERHA Official Instagram : @erha_dermatology

You Might Also Like

7 Comment

  1. I need this in my life! Sounds really good :)

    xx Alyssa | STYLE VANITY

    ReplyDelete
  2. Great post, I need to try this! :)...Would you like to follow each other? If yes, please follow me on my blog and I´ll follow you back :) - https://whatafancyworldbylaura.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. I want to try this! Thanks for sharing.
    xx- Nina
    http://www.stylingwithnina.com/2019/10/satin-midi-skirt-chunky-knit-sweater.html

    ReplyDelete
  4. Qué interesante este post!
    Gracias por compartir tu experiencia
    Love

    https://www.elblogdebarbaracrespo.com/2019/10/white-is-white/

    ReplyDelete
  5. aw mau bnget ini mah pengen cobain :))

    ReplyDelete
  6. Thank you so much for sharing and to keep your point in the post. Cheers!

    Nahid | https://bestclicknow.com

    ReplyDelete

FACEBOOK PAGE

Flickr Images